Rabu, 08 Agustus 2012

TERHEMPAS DI NEGERI TIRAI BAMBU (BAG.4)


        2. BUKIT WATU PECAH
 
Di kaki bukit sebelah selatan terdapat tiga sekolahan besar dan maju. Satu sekolah negeri, SMP Negeri 1 Ambulu. Dua sekolah swasta yang sangat maju dengan ribuan murid. Gedungnya sangat megah. Tenaga pendidiknya sangat professional. Sekolah itu milik organisai NU (Nahdlatul Ulama’). Bisa dikatakan bahwa dua sekolah itu adalah sekolah yang terbesar di Kecamatan Ambulu. Setiap pagi ribuan siswa berduyun – duyun menuju ke kedua sekolah itu. Siswa – siswi datang dari berbagai desa yang dekat dan yang jauh.

Salah satu kegiatan extra kurikulernya sangat bagus dan terkenal di seantero nusantara. Yaitu merubah mesin motor berbahan bakar minyak menjadi motor berbahan bakar gas. Hanya sayang sekolah ini belum di dukung dengan asrama siswa yang memadai. Kalau saja sarana yang satu ini sudah memadai maka kedua sekolah itu akan menjadi raksasanya pendidikan di Kecamatan Ambulu. Dan menjadi kiblat masyarakat untuk menyekolahkan putra – putrinya ke dalam dua sekolah tersebut.

Di kaki bukit sebelah timur itu terdapat sebuah taman wisata indah dan megah, tertata rapi, artistik, natural, dan bertaraf nasional, “Taman Wisata Niagara atau Niagara Water Park”. Satu – satunya taman wisata yang menyuguhkan menu lengkap keindahan di Jember Selatan bagi para wisatawan yang ingin berlibur total. Para pemandu tempat wisatanya juga tergolong energik dan lihai. Di dalam taman itu terdapat fasilitas penginapan atau hotel. Jadi bagi wisatawan yang datang dari luar kota tidak perlu repot mencari penginapan. Karena bisa menginap di lokasi wisata dengan sangat santai sambil menikmati pemandangan yang benar – benar natural atau alami. Perpaduan antara kehidupan moderen perkotaan dan kehidupan alami pegunungan. Pokoknya sangat asri.

Desa Langon sungguh strategis. Melekat disebelah timur Kecamatan Ambulu. Dengan kantor kecamatan Ambulu hanya berjarak dua kilo meter. Sepanjang sisi selatan desa Langon adalah jalan raya besar kearah timur. Jalan raya itu menghubungkan pulahan kota dan desa disebelah timur. Akses hasil pertanian dari puluhan desa itu memlalui jalan raya itu.

Ratusan masjid, musholla dan puluhan pondok pesantren ada disekitar desa Langon yang ada di kaki bukit Watu Pecah itu. Bahkan ada beberapa pesantren di desa Langon itu sendiri. Sehingga kehidupan masyarakatnya sangat agamis. Ramah,  sopan, santun, dan toleran terhadap siapapun. Angka kriminalpun terbilang sangat kecil.

Daya dukung desa Langon itu sangat lengkap. Ada bukit yang kokoh dan indah. Beberapa lembaga pendidikan yang sangat maju. Sungai dengan ikannya. Sawah dan ladang yang sangat luas. Bertabur masjid dan pesantren. Akses ke kantor kecamatan yang sangat dekat. Keindahan Taman Wisata Niagara atau Niagara Park  yang sanggup menyegarkan.

Maka tinggal di desa Langon dimanjakan oleh berbagai kemudahan yang menjanjikan kesuksesan dan keindahan yang sanggup melenyapkan kelelahan dengan segera. Sehingga segera timbul gairah beraktifitas dengan maksimal. Tak terasa ada yang susah dalam kehidupan. Bagaikan tinggal di Syurga saja.***
_________________________
bersambung....insyaalloh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih komentarnya !!!